Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika
Vol 4, No 1 (2022): JASIE

KLASIFIKASI SENTIMEN ULASAN PELANGGAN LAYANAN EKSPEDISI MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Amada Uzlyva Almie (University of Muhammadiyah Jember)
Agung Nilogiri (Universitas Muhammadiyah Jember)
Ari Eko Wardoyo (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Pemanfaatan media sosial twitter memiliki potensi besar dalam menghasilkan informasi, dari banyaknya jumlah opini dari masyarakat yang didapatkan, diperlukan analisis sentimen untuk mengklasifikasikan opini tersebut agar memudahkan dalam menemukan kecenderungan opini dari ulasan pengguna ekspedisi guna mengetahui seberapa besar persentase sentimen positif, dan negatif. Penelitian ini akan membandingkan antara model klasifikasi multinomial naïve bayes dan gaussian naïve bayes tanpa dan dengan menerapkan teknik balancing untuk mengatasi imbalance data. Hasil akurasi yang didapatkan pada metode multinomial naïve bayes tanpa menggunakan teknik balancing hasil akurasi sebesar 95%, sedangkan dengan random undersampling sebesar 95%, dan untuk random oversampling sebesar 97%. Pada metode gaussian naïve bayes tanpa menggunakan teknik balancing hasil akurasi sebesar 85%, sedangkan dengan random undersampling sebesar 80%, dan untuk random oversampling didapatkan hasil akurasi sebesar 93%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JASIE

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Information Systems and Electronics Applications is a media publication of scientific work in the field of electronics technology and information systems which can be in the form of analysis, development, or technology applications in that ...