LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Vol. 1 No. 5 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan

Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas Dengan Menggunakan Sensor Mq-2 Dan Flame Detector

Muhammad Zuhron Wahid (Universitas Pamulang)
Alvino Octaviano (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

Penggunaan tabung gas dari Liquefied Petroleum Gas (LPG) sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan berbagai macam keperluan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, terdapat beberapa permasalahan akibat kelalaian manusia dalam penggunaan tabung gas tersebut, salah satunya adalah terjadi kebocoran tabung gas. Jika tabung gas tidak digunakan secara hati-hati, maka kemungkinan akan membahayakan terhadap kesehatan manusia dan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Tujuan penelitian yang diajukan penulis adalah membuat rancangan alat deteksi kebocoran tabung gas dengan menggunakan sensor gas dan api yang dapat membantu pengguna dan teknisi gas dalam tindakan penanggulangi bencana kebakaran akibat kebocoran tabung gas dengan menggunakan aplikasi yang terhubung oleh jaringan Internet. Metodologi penelitian yang akan digunakan untuk mempelajari analisis dalam permasalahan tersebut, yaitu studi pustaka; pengamatan; dan metode waterfall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mampu menjalankan fungsinya sesuai dengan cara kerja dari hasil perancangan sistem. Adapun aplikasi Telegram dapat disampaikan pesan pemberitahuan melalui mikorokontroler yang tersambung dengan jaringan Internet, sehingga sistem tersebut dapat memberikan kemudahan dalam mengawasi kondisi tabung gas bagi pengguna dan teknisi gas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

logic

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Other

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...