Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Vol 5 No 2 (2023): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING METHODS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP NURUL ISLAM KOTA PROBOLINGGO

Uswatun Hasanah (Unknown)
Ribut Prastiwi Sriwijayanti (Unknown)
Nur Hidayati (Universitas Panca Marga Probolinggo)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran yaitu ketika guru mengadopsi metode pembelajaran yang monoton sehingga hal tersebut dapat membuat rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Bertolak dari konteks yang terjadi, adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran peer teaching methods dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Nurul Islam Probolinggo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif. Prosedur pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, wali kelas, guru mapel, dan siswa SMP Nurul Islam Probolinggo. Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif diantaranya reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Peer Teaching Methods cukup efektif karena dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri, aktif, kreatif, dan bernalar kritis hal tersebut sesuai dengan dimensi dalam nilai-nilai pancasila. Dalam pelaksanaannya siswa terlibat dalam pembelajaran karena pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) dan guru sebagai fasilitator atau narasumber. Terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu 1) peserta didik menjadi kurang serius dalam belajar, 2) sulit dalam menentukan tutor. Solusi akan kendala tersebut 1) Diberikan sanksi/hukuman/teguran , 2) memilih tutor berdasarkan kriteria yaitu siswa yang aktif berbicara didalam kelas, siswa yang menguasai materi dan siswa yang percaya diri. Projek yang diselenggarakan adalah suara demokrasi. Dengan demikian peserta didik mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus untuk belajar dari lingkungan. KATA KUNCI: Peer Teaching Methods, Motivasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maharsi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Maharsi ini divisikan sebagai wadah bagi para peneliti, baik di lingkungan Jurusan Pendidikan Sejarah dan Sosiologi IKIP Budi Utomo Malang maupun diluar IKIP Budi Utomo Malang untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya dan hasil kajian teori terutama dalam bidang Pendidikan, Sejarah, dan ...