Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran jurnal yang membahas pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan keuntungan UMKM di Indonesia, untuk mengetahui teknik pengumpulan data, metode yang digunakan pada pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan keuntungan UMKM, dan untuk mengetahui permasalahan/isu yang ditemukan, media sosial yang dominan, serta hasil penelitian yang diperoleh. Metode analisis yang digunakan adalah Sistematic Literature Review. Unit analis pada penelitian ini adalah 20 artikel jurnal yang membahas tentang pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan keuntungan UMKM. Artikel yang dipilih melalui serangkaian kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pada permasalahan/isu yang terjadi adalah mengalami penurunan dalam penjualan maupun permintaan produk barang atau jasa dari konsumen, adanya hambatan dalam pengetahuan mengelola media sosial yang kurang dan tidak adanya fasilitas mengakses media sosial, untuk media sosial yang dominan digunakan adalah facebook sebagai media sosialnya sehingga kebanyakan hasil penelitian adalah mengenai pemanfaatan media sosial memberikan prospek yang baik untuk menaikkan angka penjualan produk UMKM namun penggunaannya masih sebatas hanya sebagai media sosial semata.
Copyrights © 2023