Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi disekolah tujuan yaitu masih rendahnya motivasi, minat serta masih banyak siswa yang masih bermalas-malasan dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajarnya dengan KKM yang masih jauh dari standar yang telah ditentukan yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan kontekstual dengan berbantukan PPT terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Harapan Bhakti Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VIII SMP Harapan Bhakti yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIIIA dan siswa kelas VIIIB. Teknik pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu tes kemampuan awal siswa (pretest) dan tes akhir (posttest) sementara itu teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan konstektual berbantukan PPT adalah 85,00 sedangkan hasil belajar siswa tidak berbantukan PPT adalah 81,83. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung >ttabel atau 2,218 >1,67 dan besar nilai signifikan <0,05 yang berarti bahwa hipotesis H1 diterima dan H0 di tolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan konstektual berbantukan PPT pada siswa kelas VIII SMP Harapan Bhakti.
Copyrights © 2023