Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023): August

Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Calibre sebagai Pendukung Pembelajaran pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Sidoarjo

Adinda Yashinta Sekar Firdaus (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Han Tantri Hardini (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2023

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu dengan pembaruan bahan ajar. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan e-modul pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi, menganalisis kelayakan e-modul serta mengetahui respon peserta didik. Model pengembangan yang dipakai ialah 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun dalam tahap disseminate hanya dilakukan uji coba terbatas kepada 20 peserta didik kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Sidoarjo. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan teknik pengumpulan data lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Hasil validitas para ahli sebesar 89,12% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik menampilkan kategrori sangat dipahami sebesar 96,5%. Kalkulasi dari hasil penelitian ini ialah e-modul sangat layak digunakan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...