Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 5 (2023): October

Revitalisasi Pendidikan : Pengaruh Metode Pembelajaran Nabi Muhammad Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Era 5.0

Muhammad Rizky (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)
Maryamah Maryamah (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)
Muhammad Aldri Putra Pratama (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)
Della Desilawati (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Rendahnya motivasi belajar peserta didik merupakan suatu pokok permasalahan yang krusial dalam dunia pendidikan. Pada era 5.0 metode pembelajaran Nabi Muhammad Saw cenderung dilupakan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat seberapa besar pengaruh metode tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era 5.0. Metode dalam penelitian ini, yaitu kuantitatif jenis eksperimen semu. Responden untuk validasi angket berjumlah 109 siswa dan subjek penelitian berjumlah 46 siswa. Hasil dari penelitian ini menjukkan adanya peningkatan sebesar 10,57 poin terhadap motivasi belajar siswa dan nilai hasil uji Mann-Whitney sebesar 0,000 pada kelas yang menerapkan metode pembelajaran Nabi Muhammad Saw, yaitu taghrib wa tarhib. Berdasarkan hal tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Nabi Muhammad berpengaruh signifikan tehadap motivasi belajar siswa dan masih relevan untuk digunakan  di era yang sekarang, yaitu 5.0

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...