Jurnal Smart Paud
Vol. 6 No. 2 (2023): July 2023

Pemahaman Guru Dalam Penanganan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tingkat TK

Richo Surya Pradana (Universitas Merdeka Malang)
Faradila Rahman (Universitas Merdeka Malang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Kurangnya pemahaman guru terkait dengan karaktersitik peserta didik berkebutuhan khusus yang heterogen sehingga menyebabkan guru mengalami kesulitan untuk menangani sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis terkait pemahaman guru dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil pengamatan di sekolah, terdapat 2 guru yang menangani peserta didik yang berjumlah 10 peserta didik dengan kebutuhan khusus yang heterogen. Hasil penelitian menghasilkan antara lain: (1) peserta didik berkebutuhan khusus memiliki karakteristik lamban berbicara, hambatan penglihatan, keterbatasan dalam bergerak, keterbelakangan mental, serta gangguan perilaku (ADHD dan Autis); (2) kurangnya pemahaman guru dalam menangani peserta didik yang berkebutuhan khusus dikarenakan kualifikasi guru yang tidak sesuai dengan bidang pendidikan khusus maupun psikologi; (3) perkembangan peserta didik yang ada di sekolah tersebut cenderung lambat dikarenakan kurang adanya guru yang mendampingi dan menangani setiap peserta didik berkebutuhan khusus di dalam kelas. Tingkat pemahaman guru yang terbatas terkait ABK pada akhirnya akan berpengaruh terhadap penanganan dan layanan peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...