RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi
Vol 3 No 03 (2023): ILMU KOMUNIKASI

PERBEDAAN BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA BERKEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT DI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Ayna Rahmaul Husna (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Edy Sudaryanto (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Amalia Nurul Muthmainnah (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini mendalami bentuk komunikasi interpersonal pada mahasiswa berkepribadian ekstrovert dan introvert di program studi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki cara yang berbeda dalam berinteraksi atau berkomunikasi, mahasiswa yang terlihat berkepribadian extrovert mudah membuka diri kepada siapa saja dan ketika melakukan komunikasi interpersonal lebih mudah mengungkapkan perasaan kepada lawan bicaranya. Sementara itu, bagi mahasiswa yang terlihat berkepribadian introvert cenderung tertutup dan kurang membuka diri kecuali dengan orang-orang tertentu. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 94 mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Uji komparatif menggunakan Mann Whitney U Test menunjukkan hasil signifikan dengan nilai Z sebesar -3,888 dan signifikasi sebesar 0,000. Hal ini mengidentifikasi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam bentuk komunikasi interpersonal antara kedua kelompok kepribadian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

relasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818) diterbitkan oleh Aksiologi Surabaya, sebagai media komunikasi dan diseminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Komunikasi. Menitikberatkan pada tulisan-tulisan yang memuat penelitian dan pemikiran kontemporer di bidang ilmu ...