Pendidikan dalam suatu negara adalah tonggak untuk menentukan apakah suatu negara dapat dikatakan sebagai negara yang maju atau tidak. Infrastruktur dalam pendidikan harus mendukung demi terciptanya pendidikan yang baik, tetapi hingga saat ini masih banyak infrastruktur yang masih tertinggal baik dalam sarana dan prasarana, guru, akses yang terbatas dan lain sebagainya terutama daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Berhasil atau tidaknya siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah banyak ditentukan kemampuannya dalam membaca. Namun jika siswa tidak memahami apa yang dibacanya pada sebuah teks bacaan, siswa tidak mendapatkan informasi yang seharusnya didapatkan dari teks bacaan yang dibacanya itu sehingga betapa pentingnya membaca pemahaman bagi siswa. Pada program ini, mahasiswa membuat mini project yaitu silent reading untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 5. tersebut melalui beberapa tahap yaitu 1) Engagement, Intake, Contract , 2) Assesment, 3) Planning, 4) Intervensi, 5) Evaluasi dan 6) Terminasi. Dari hasil mini project tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya program tersebut.
Copyrights © 2023