JUMAD Journal Management, Accounting, & Digital Business
Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023

Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo

Sofiya Nur Jannah (Universitas Panca Marga)
Tumini Tumini (Universitas Panca Marga)
Yekti Rahajeng (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2023

Abstract

Perusahaan yang menjualkan jasa berarti menjualkan produknya dalam bentuk kepercayaan. Kualitas pelayanan juga dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan suatu perusahaan. Variabel bebas terdiri dari produk dan kualitas pelayanan sedangkan variabel terikatnya yaitu kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna jasa pelabuhan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo yang berstatus aktif dan yang berdomisili di wilayah Probolinggo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yakni simple random sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dengan diolah menggunakan analisis data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumad

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business has been published by Universitas Panca Marga. JUMAD is published six times a year, in February, April, June, August, October, December. JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business on issues relating to empirical investigations ...