Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5, No 3 (2023)

Inovasi Brosur Multibahasa Sebagai Sarana Edukasi Wisata Air Terjun Tibumana

Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani (Universitas Pendidikan Nasional)
Yustina Elisabeth Ndari Resi (Universitas Pendidikan Nasional)
Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda (Universitas Pendidikan Nasional)
Anak Agung Ngurah Oka Suryadinatha Gorda (Universitas Pendidikan Nasional)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Minimnya publikasi menyebabkan kurangnya informasi bagi wisatawan mengenai objek wisata Air Terjun Tibubama di Desa Apuan, Bangli. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan brosur edukasi sebagai solusi yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian yang dilakukan pada tanggal 16 Januari- 11 Februari 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata Air Terjun Tibubama melalui brosur multibahasa sebagai media promosi. Kegiatan pengabdian mengguankan metode observasi, wawancara dan FGD. Wawancara dan FGD dilakukan dengan stake holder pengelola Air Terjun Tibubama. Setelah pengimplementasian strategi promosi ini, ditemukan hasil bahwa adanya peningkatan kunjungan wisatawan di wisata Air Terjun Tibumana. Wisatawan yang datang tidak hanya dari wisatawan domestik saja, melainkan wisatawan mancanegara juga datang ke tempat wisata. Brosur multi bahasa yang digunakan sebagai media promosi sangat membantu wisatawan dalam mendapatkan informasi terkait tempat wisata Air Terjun Tibumana. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa brosur yang dikembangkan layak diberdayakan untuk membantu promosi daerah wisata. Pada tahap selanjutnya diharapkan media promosi ini dapat terus dikembangkan untuk menarik jumlah kunjungan wisatawan yang lebih besar.Due to the lack of publications, there is a lack of information for tourists about the tourist attraction of Tibbama Waterfall in Apuan Village, Bangli. Therefore, educational brochures should be designed as an effective solution to overcome these problems. The service activity, which will run from 16 January to 11 February 2023, aims to increase tourist visits to the Tibbama Falls tourist attraction through multilingual brochures as promotional tools. Community activities use methods of observation, interviews, and FGD. Interviews with relevant partners were conducted. After implementing this promotion strategy, we found that the number of tourists visiting the Tibumana Waterfall tour increased. Not only domestic tourists but also foreign tourists visit tourist spots. Multilingual brochures used as promotional tools are very helpful for tourists to get information about the attractions of Tibumana Falls. Through the evaluation, it can be concluded that the pamphlet developed is worthy of giving power to promote the tourist destination. The next stage is expected to develop these promotional media further to attract more tourists.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...