Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Metode pembelajaran SAS berbantukan media UBI untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga

Yustalena Hartami (Universitas Kristen Satya Wacana)
Henny Dewi Koeswanti (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I. Penerapan metode SAS berbantukan media UBI sebagai upaya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kela I di SD Negeri Kalicacing 02. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan 2 siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian pada kelas I yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes membaca permulaan. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik meningkat secara siknifikan pada pra siklus 20%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 50% serta pada siklus 2 menjadi 80%. Oleh karena itu, penerapan metode pembelajaran SAS berbantukan media UBI dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

genre

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) merupakan jurnal ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian mahasiswa yang berhubungan dengan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik ...