Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga

Romadoni Nafisah (Universitas Kristen Satya Wacana)
Henny Dewi Koeswanti (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III. Penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Resite, Review) sebagai upaya peningkatan kemampuan  membaca pemahaman pada siswa kelas III di SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan 2 siklus. Disetiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Metode pembelajaran SQ3R dilaksanakan pada siklus 1 dan siklus 2. Pada setiap siklus guru menerapkan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan langkah SQ3R. Langkah-langkah SQ3R diawali dengan survey yaitu membaca ulasan, question yaitu bertanya tentang bacaan, read yaitu membaca keseluruhan, resite yaitu menjawab pertanyaan, kemudian review yaitu mencatat apa yang penting dalam bacaan dan membacanya kembali.  Subjek penelitian pada kelas III yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes membaca pemahaman. Observasi dilakukan oleh observer untuk mengetahui keefektifan penerapan metode SQ3R di dalam kelas, sedangkan tes membaca pemahaman dilakukan dengan mengacu pada rubrik keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik meningkat secara signifikan pada pra siklus 20%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 53% serta pada siklus 2 menjadi 80%. Maka, penerapan SQ3R dapat dikatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca pemhaman pada siswa kelas III SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

genre

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) merupakan jurnal ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian mahasiswa yang berhubungan dengan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik ...