Penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN Kalicacing 02 dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan menggunakan huruf kapital dan tanda baca. Penerapan metode Resitasi perbantuan media Puztaman sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada cerita pengalaman. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus penelitiannya memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian pada kelas IV SD Negeri Kalicacing 02 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian diambil dengan cara observasi dan tes. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan persentase ketuntasan peserta didik meningkat dari pra siklus sebesar 26%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 42,1% serta pada siklus 2 menjadi 84,3%. Maka, penerapan metode Resitasi perbantuan media Puztaman dapat dikatakan berhasil meningkatkan keterampilan menulis menggunakan huruf kapitan dan tanda baca pada siswa kelas IV SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga.
Copyrights © 2023