Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang
No. 6 (2023)

PjBL-ETNO-STEM: POTENSI DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21 DAN KARAKTER KONSERVASI MAHASISWA

Woro Sumarni (Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang amat disarankan untuk membekali keterampilan abad 21 adalah Project Based Learning (PjBL). Model pembelajaran ini dapat dipadukan dengan budaya local dan keempat aspek STEM. Keterpaduan ketiga hal tersebut memunculkan model pembelajaran inovatif PjBL-ethno-STEM yaitu pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM terintegrasi etnosains. Tulisan ini memaparkan hasil kajian pustaka dan hasil penelitian tentang potensi dan kontribusi PjBL-etno-STEM terhadap peningkatan keterampilan abad 21 dan karakter konservasi mahasiswa. Implementasi PjBL-ethno-STEM menggunakan sintaks PjBL dengan tahapan WORO SUMARNI (WoS-Ethno-STEM). Dari hasil penelusuran pustaka menunjukkan bahwa PjBL-ethno-STEM berpotensi untuk meningkatkan keterampilan 4C (berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi) dan karakter konservasi (tanggung-jawab, tangguh, jujur, peduli lingkungan) mahasiswa. Hal ini terbukti setelah diimplementasikan, serangkaian kegiatan yang dilakukan selama mengikuti PjBL-Ethno-STEM berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan 4C dan karakter konservasi mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Bookchapter Kimia Universitas Negeri Semarang adalah terbitan ilmiah berkualitas tinggi di bidang ...