Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM)
Vol 4 No 1 (2023): Vol.4 No.1 Mei 2023

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK-TOK TERHADAP TREND FASHION PADA MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2019 PADA MAHASISWA PRODI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Evi Yunita (Unknown)
Hafri Yuliani (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Trend Fashion Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode yang di gunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data merupakan tahapan yang telah di tempuh oleh peneliti untuk menyimpulkan makna terhadap data yang telah di kumpulkan. Penelitian ini menggunakan teori Determinasi Teknologi sebagai pisau analisis dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana terknologi berupa Media Sosial Tik-Tok mempengaruhi gaya hidup manusia terutama dari Trend Fashion. Hasil Penelitian ini Pengaruh penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Trend FashionIdilakukan dengan menggunakanIUji t. Diperoleh nilai t sebesar -8.208IdenganInilai p sebesar 0,000. Karena nilai p<0,05 maka secara statistik dapat dikatakan bahwa Iada pengaruh yang berarti antara Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Trend Fashion. Hasil uji ANOVA atau uji F, didapat nilai F hitung sebesar 67,368 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai p<0,05Imaka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi Trend Fashion. Artinya semakin sering menggunakan Media Sosial Tik-Tok maka semakin orang terpengaruh oleh Trend Fashion, sebaliknya semakin jarang menggunakan Media Sosial Tik-Tok maka orang tidak terpengaruh oleh Trend Fashion Keywords Pengaruh, Media Sosial, Tik-Tok, Trend Fashion

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsikom

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-Sikom adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik dengan ruang lingkup kajian ilmu komunikasi yang fokus mewadahi karya ilmiah hasil penelitian mahasiwa/i ilmu komunikasi di dalam, maupun di luar lingkup Universitas Muhammadiyah ...