Revolusi industri 5.0 membawa perubahan pada dunia global. Baik perubahan sosial, kultur, teknologi dan ekonomi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pengaruh pada perubahan- perubahan lainnya. Digitalisasi menuntut perubahan dalam segala bidang, yang kehadirannya membawa kemudahan dan juga tantangan bagi masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia. Media sosial saat ini sering digunakan untuk melakukan penjualan dan pengiklanan. Beberapa media sosial yang digunakan masyarakat Indonesia memiliki target pasar yang bebeda pula. Instagram, tiktok, dan facebook merupakan tiga media sosial yang paling sering digunakan pelaku usaha untuk melakukan pemasaran online. Melalui penelitian ini akan melakukan analisis secara naratif terkait peran penggunaan media sosial bagi pelaku usaha online dalam memasarkan produknya di era digital ini. Metode analisis dalam penelitian ini adalah naratif analisis dengan tujuan agar peneliti memperoleh informasi secara utuh dan lengkap terkait dengan pengalaman informan dalam melakukan pemasaran secara digital melalui masing- masing platform media sosial. Teknik analisis data interaktif analysis model terdiri dari data collection (pengumpulan data) yaitu dengan melakukan wawancara pelaku usaha online yang aktif menggunakan media Instagram, tiktok dan facebook. Hasil analisis menunjukkan banyaknya kemudahan dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran secara digital. Diantaranya, dengan pemasaran digital jangkauan menjadi lebih luas, serta banyaknya fitur pemasaran dalam platform media sosial.
Copyrights © 2024