Kepedulian terhadap lingkungan di SD/MI haruslah dimaknai secara terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Sikap Peserta didik terhadap kepedulian lingkungan dan tanggung jawab dapat dibiasakan dalam kegiatan pembelajaran. Namun, kenyataannya masih kurang kesadaran siswa kelas VI untuk peduli terhadap lingkungan terutama di sekolah. Hal ini disebabkan kurangnya guru memberikan peringatan atau himbauan berupa media kepada siswa bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan. Media poster merupakan solusi yang menjadi gambaran yang berguna sebagai himbauan, peringatan, pemberitahuan untuk peserta didik agar pedulli terhadap lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Jhon Elliot. Tujuan dalam penelitian ini agar terjadi peningkatan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan. Hasil penelian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui media poster pada pembelajaran tematik di peroleh persentase kepedulian siswa terhadap lingkungan pra siklus dengan persentase 7,14%, siklus I 67,86% dan siklus II 92,86%. Serta terjadinya peningkatan aktivitas guru dan siswa siklus I 65% dan siklus II 92% dan juga peningkatan Pre Test 25%, Post Test siklus I 71,42% dan siklus II 92,86%.
Copyrights © 2023