(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1

Media Pembelajaran RAKTEPEL (Rak Telur Pelangi) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika: Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Mahluddin (UIN STS Jambi)
Kiki Fatmawati (UIN STS Jambi)
Irwan Kurniawan (UIN STS Jambi)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Salah satu tujuan seorang guru dalam mengajar ialah agar siswa paham materi yang di ajarkan. Namun, kenyataannya pemahaman siswa pada pembelajaran matematika di kelas III tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru kurang kreatif dalam proses menagajar di dalam kelas sehingga siswa kurang dalam memahami materi yang di ajarkan dan tidak adanya media pembelajaran menarik agar membantu siswa dalam memahami materi yang di pelajari. Media RAKTEPEL ( Rak Telur Pelangi ) merupakan solusi untuk menjadi perantara siswa dalam meningkatkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model John Elliot. Tujuan dari penelitian ini adalah agar terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan media RAKTEPEL, diperoleh persentase ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa pra siklus dengan persentase 29,03%, Siklus I 70,97% dan siklus II 93,55%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...