PeTeKa
Vol 6, No 4 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI DESAIN GRAFIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK N 2 PADANG PANJANG

Isra Nofita Sari (Universitas PGRI Sumatera Barat e-mail: sariissranofita@gmail.com* alfi69600@yahoo.com)
Adlia Alfriani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ade Pratama (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi  hasil observasi yang dilakukan di SMKN 2 Padang Panjang ditemukan bahwa media pembelajaran yang di terapkan oleh tenaga pendidik masih menggunakan buku modul dan media pembelajaran power point seperti dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru hanya menerangkan dan membaca materi yang di sampaikan, guru lebih banyak aktif dari pada peserta didik. Sehingga tidak adanya minat belajar yang diberikan terhadap kemandirian dan kebebasan mengekplorasikan penggunaan aplikasi desain grafis terhadap hasil belajar siswa..  Dalam permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang berlandaskan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic. Penelitian ini mengangkat 2 variabel yaitu variabel persepsi siswa tentang penggunaan aplikasi desain grafis (X) dan hasil belajar siswa desain grafis percetakan (Y) siswa pada SMKN 2 Padang Panjang dalam mata pelajaran Desain Grafis Percetakan Hasil penelitian yang dilakukan Pengguanan Aplikasi Desain Grafis dapat membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik dan dapat membantu meningkatkan kreativitas siswa. Dari Hasil Uji Persyaratan Analsis didapatkan uji Paired sample t-test maka diperoleh nilai sig 0.000< 0.05, maka dapat dikatakan bahwa terbukti terdapat Pengaruh Persepsi Siswa Jurusan Multimedia melalui Penggunaan Aplikasi Desain Grafis.Kata Kunci : Hubungan, Persepsi, Desain Grafis, Hasil Belajar, Multimedia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...