Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model contextual teaching and learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA N 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah pelakasanaan penerapan model contextual teaching and learning dalam mengajarkan teks eksplanasi. Sumber data dalam penelitian ini hasil belajar teks eksplanasi yang diperoleh dari hasil menulis siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya variasi mengajar menggunakan model contextual teaching and learning, proses pembelajaran mengenai menulis teks eksplanasi menjadi menyenangkan dan siswa terlihat sangat antusias, disamping itu model ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang telah diberikan. Setelah diterapkan terdapat kekurangan dan kelebihan dalam model tersebut. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model contextual teaching and learnig meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci: menulis, model CTL, teks eksplanasi
Copyrights © 2023