Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 12, No 3 (2023)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA N 8 MUARO JAMBI

Bella Amilea (Universitas Jambi)
Andiopenta Purba (Universitas Jambi)
Agus Setyonegoro (Universitas Jambi)
Herman Budiyono (Universitas Jambi)
Imam Suwardi Wibowo (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model contextual teaching and learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA N 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah pelakasanaan penerapan model contextual teaching and learning dalam mengajarkan teks eksplanasi. Sumber data dalam penelitian ini hasil belajar teks eksplanasi yang diperoleh dari hasil menulis siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya variasi mengajar menggunakan model contextual teaching and learning, proses pembelajaran mengenai menulis teks eksplanasi menjadi menyenangkan dan siswa terlihat sangat antusias, disamping itu model ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang telah diberikan. Setelah diterapkan terdapat kekurangan dan kelebihan dalam model tersebut. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model contextual teaching and learnig meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci: menulis, model CTL, teks eksplanasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...