Deskripsi proses penerapan metode Discovery learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa dan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan metode Discovery learning pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan menulis siswa meningkat yaitu dari hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 19 siswa dengan persentase 54%, siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 16 siswa dengan persentase 46%. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan 30 siswa dengan persentase 85% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa dengan persentase 15%. Disimpulkan bahwa keterampilan menulis siswa menggunakan metode Discovery learning pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Barru dinyatakan berhasil.
Copyrights © 2023