Penelitian ini bermula dari kenyataan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan dengan kemampuan berbicara, khususnya mereka yang belajar bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas III di SDN Sukamaju. Hasil pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, wawancara, dan tes sebagai bagian dari metode campuran penelitian. 35 siswa kelas 3 SDN Sukamaju tahun pelajaran 2022–2023 dijadikan sebagai subjek penelitian. Peserta laki-laki 21 orang dan perempuan 14 orang. Berdasarkan hasil implementasi diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui dongeng menghasilkan peningkatan skor rata-rata hasil tes keterampilan berbicara dengan kategori sangat baik. Dari skor rata-rata 58 menjadi 81,42. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat secara signifikan ketika menggunakan model bermain peran dengan penggunaan media audio visual.
Copyrights © 2023