COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 5 (2023)

PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3

Muhammad Rizal Fauzi (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung)
Tri Sentiya (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Agni Muftianti (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bermula dari kenyataan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan dengan kemampuan berbicara, khususnya mereka yang belajar bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas III di SDN Sukamaju. Hasil pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, wawancara, dan tes sebagai bagian dari metode campuran penelitian. 35 siswa kelas 3 SDN Sukamaju tahun pelajaran 2022–2023 dijadikan sebagai subjek penelitian. Peserta laki-laki 21 orang dan perempuan 14 orang. Berdasarkan hasil implementasi diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui dongeng menghasilkan peningkatan skor rata-rata hasil tes keterampilan berbicara dengan kategori sangat baik. Dari skor rata-rata 58 menjadi 81,42. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat secara signifikan ketika menggunakan model bermain peran dengan penggunaan media audio visual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...