Phinisi Integration Review
Volume 6 Nomor 3 Tahun 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS DI KELAS V UPTD SD NEGERI 56 PAREPARE

Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Asrul Sultan (Universitas Negeri Makassar)
Nur Azizah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Group Investigation berbantuan media Crossword Puzzle untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 29 siswa. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, hasil penelitian dari siklus I diperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai kategori kurang (K), siklus II diperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai kategori cukup (C) dan siklus III diperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai kategori baik (B). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tentang jenis jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...