Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS)
Vol 3 No 1 (2022): June

Improving The Ability to Introduce Numbers Through Playing Assembling Plastic Cup Towers in Group A TK Negeri Pembina Dewi Kayangan

zulhayati zulhayati (guru TK)
Yustina Luet (PGPAUD)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan bermain menyusun menara gelas plastik dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Dewi Kayangan berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observer yang dilakukan oleh ibu Yustina Luet dan dokumentasi yang dilakukan oleh Nurmala Sari yang berupa video kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal angka sebesar 80%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I disimpulkan bahwa melalui bermain menyusun menara gelas plastik dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak. Kata Kunci : Kognitif, Bermain Menyusun Menara Gelas Plastik, Anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eceds

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Early Childhood Education and Development Studies ECEDS merupakan salah satu jurnal pendidikan anak usia dini yang menerbitkan, artikel penelitian, laporan studi lapangan, laporan studi kasus, kajian pustaka baik sekala lokal, nasional maupun internasional. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini ...