Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 11 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

PENGARUH PEMANFAATAN MUSEUM GEOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI LITOSFER

Kartiwa - (a:1:{s:5:"en_US"
s:32:"Universitas Pendidikan Indonesia"
})

Dede Sugandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber informasi di Museum Geologi yang bermanfaat bagi pembelajaran geografi, mengembangkan museum geologi sebagai sumber belajar materi litosfer, dan menganalisis pengaruh Museum Geologi terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi litosfer. Metode survei digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Museum Geologi terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi litosfer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas X SMA Alfa Centauri tahun pelajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengindentifikasi sumber informasi di museum geologi dan pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 26 peserta didik mengalami peningkatan pemahaman yang cukup signifikan, 21 peserta didik peningkatan pemahamannya tergolong sedang, dan sisanya tidak mengalami peningkatan pemahaman sama sekali. Pengujian pengaruh dua variable dilakukan melalui Uji Wilcoxon dan ditemukan nilai signifikansi 0.000 (p<0,05), yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan Museum Geologi sebagai sumber belajar terhadap tingkat pemahaman materi litosfer.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...