Barka merupakan brand fashion dari kota Makassar yang berdiri sejak tahun 2021. Untuk meningkatkan daya saing usahanya, Brand Barka ini melakukan formulasi juga mengaplikasikan model bisnis yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis model bisnis pada Brand Barka melalui pendekatan Business Model Canvas dengan berdasar pada situasi usaha saat ini (2) melakukan analisis terhadap setiap elemen BMC dengan analisis SWOT untuk mengetahui elemen apa saja memerlukan perbaikan dan (3) menganalisis perbaikan juga strategi yang bisa dilaksanakan dengan melihat hasil BMC sesudah dilakukan analisis SWOT untuk mengembangkan Brand Barka. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada Owner Brand Barka. Berdasarkan hasil penelitian, bisa diketahui bahwa dalam melaksanakan aktivitas usahanya, Brand Barka telah memenuhi 9 elemen yang ada pada Business Model Canvas, tetapi pelaksanaannya belum dilakukan secara maksimal, Brand Barka memerlukan perbaikan pada 9 elemen BMC pada saat ini untuk meningkatkan daya saing usahanya seperti menyediakan berbagai variasi produk, memaksimalkan penggunaan sosial media dan market place, memberikan promo dan menyediakan kartu member, mengikuti event, bekerjasama dengan berbagai mitra bahan baku dan bermitra dengan gojek, grab, marketplace dan menganggarkan serta menetapkan biaya pemasaran dan promosi produk.
Copyrights © 2023