SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani
Vol. 4 No. 2 (2023): Oktober

Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Pada cabang Olahraga Permainan Di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu: Evaluation Of Achievement Development Program In Game Sports The Provincial Sports Talent School (SKO) Of Bengkulu

Syarif Hidayat (Universitas Bengkulu)
Septian Raibowo (Universitas Bengkulu)
Bogy Restu Ilahi (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi program pembinaan prestasi pada cabang olahraga permainan di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi dan menganalisis kondisi lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 1 orang pengurus dan 4 orang pelatih pada pengumpulan data wawancara dan observasi dengan teknik Total sampling dan 29 total responden kuesioner. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT, berada di kuadran I dengan skor faktor internal +0,62 dan skor faktor eksternal +0,22 dengan strategi SO (antara peluang eksternal dan internal). Program pembinaan prestasi pada cabang olahraga permainan memiliki peluang dan kekuatan yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memanfaatkan peluang yang ada (grand strategy). Kata kunci: Evaluasi,SKO, Strategi, SWOT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gymnastics

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Other

Description

Description : SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, It is a place for the dissemination and publication of research results from undergraduate theses or final assignments for Undergraduate Study Program Physical Education which is the duty of every student to upload scientific work as ...