Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2023): Januari-April 2023

Hubungan Antara Gaya Belajar dan Efikasi Diri dengan Hasil Belajar Siswa

Rahmawati Rahim (Unknown)
Nurul Fadhilah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa di SMAN 9 Pangkep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan sampel sebanyak 97 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket (kuesioner) dan data hasil belajar biologi siswa. Angket terdiri dari angket gaya belajar dan angket efikasi diri, sementara data hasil belajar merupakan nilai ulangan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar biologi siswa; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya belajar dan efikasi diri merupakan faktor-faktor yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...