Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa di SMAN 9 Pangkep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan sampel sebanyak 97 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket (kuesioner) dan data hasil belajar biologi siswa. Angket terdiri dari angket gaya belajar dan angket efikasi diri, sementara data hasil belajar merupakan nilai ulangan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar biologi siswa; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya belajar dan efikasi diri merupakan faktor-faktor yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa.
Copyrights © 2023