Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan kesulitan yang dihadapi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO pada sekolah yang telah dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu kategori rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian saat ini adalah penelitian survei yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di wilayah Kabupaten Tangerang dengan sampel sebanyak 12 sekolah yang terdiri dari 2 sekolah dengan kategori tinggi, 5 sekolah dengan kategori sedang, dan lima sekolah dengan kategori rendah. Metode penelitian dilakukan dengan menganalisis tes tertulis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Tangerang berada pada kriteria sedang. Berdasarkan jenis kesulitannya menerapkan operasi aritmatika berada pada kriteria sedang kesulitan memahami arti variabel berada pada kriteria sedang, kesulitan memahami ekspresi aljabar berada pada kriteria sedang kesulitan dalam memahami perbedaan makna tanda sama dengan berada pada kriteria rendah dan kesulitan matematisasi berada pada kriteria sedang. Sedangkan berdasarkan level taksonomi SOLO kesulitan tertinggi berada pada level extended abstract berada pada kriteria sedang. Selain itu banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal aljabar dengan jenis kesulitan memahami ekspresi aljabar merupakan kesulitan tertinggi.
Copyrights © 2023