Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin

Studi Komparatif Pembelajaran Menggunakan Metode Synchronous dengan Asynchronous Pasca Pandemi Covid 19 pada Sekolah di Kota Serang

Sayyid Khairunas (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Synchronous (Zoom) dan Asynchronous (Google Classroom) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah metode survei. Data hasil belajar diperoleh melalui angket sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Sampel sebanyak 235 peserta yang diambil dari 15 kelas di MA Negeri 1 Serang, Banten. Berdasarkan analisis data, pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan zoom kurang efektif. Ada beberapa kendala terkait hal ini. Hal ini dapat dibuktikan sebanyak 46,8% siswa mengalami gangguan sinyal internet, menguras kuota internet sebesar 55,4%. Sebaliknya, siswa beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris dengan menggunakan google classroom lebih efektif dan nyaman, hasil survei siswa menunjukkan; 1) sebanyak 36,6% peserta menyatakan pembelajaran dengan menggunakan media google classroom mudah dan efektif, 2) google classroom tidak menguras kuota internet sebesar 25,2%, 3) google classroom tidak terhambat gangguan sinyal internet 21 ,5%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom (asinkron) lebih efektif menurut survei yang telah dilakukan dibandingkan dengan zoom video conference (sinkron).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...