Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 8, No 2 (2023): Volume 8 Nomor 2 Edisi Oktober 2023

PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDN MERTAK PAOK

Ahmad Zainul Irfan (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Berbagai cara dan metode dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk menyampaikan informasi agar efektif dapat diterima oleh siswa. Namun, seefektif apapun penyampaian materi pelajaran oleh guru, tidak semuanya dapat diterima oleh siswa. Ketika pemahaman siswa dirasa masih belum maksimal, tentu seorang guru harus memikirkan cara agar siswa dapat berlatih lebih banyak tentang materi tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas VI SDN Mertak paok.  Subjek penelitian berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA dengan metode Talking Stick pada siswa kelas VI SDN Mertak paok. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode Talking Stick pada siswa kelas VI SDN Mertak paok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu penelitian ini akan mendiskripsikan peristiwa yang terjadi dalam bentuk kalimat, untuk melengkapi data kualitatf digunakan juga data kuantitaif yaitu untuk mengukur hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan pada siswa. Data kuantitaif berupa angka hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif merupakan ungkapan yang menunjukkan tentang proses dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode Talking Stick karena menunjang keberlangsungan pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Penerapan metode Talking Stick diharapkan dapat digunakan kembali untuk semua jenjang kelas, karena dalam penelitian ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN Mertak paok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...