Terlepas dari kegiatan pembelajaran yang mengedepankan hasil, sejatinya dalam hal tersebut pasti memiliki problematika tersendiri dalam prosesnya dan dipengaruhi oleh strategi pembelajaran untuk mengatasinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi problematika dan strategi pengajaranan BIPA bagi pemelajar multilingual di Assalihiyah School Pattani, Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengkaji mengenai bagaimana kegiatan pembelajaran BIPA berlangsung dalam lingkungan asli pemelajar dengan metode pengumpulan data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang muncul dalam kegiatan pembelajaran adalah perbedaan latar belakang sosial budaya dan politik dengan menggunakan strategi pemilihan materi secara seksama melalui pengetahuan negara dan daerah pemelajar BIPA. Problematika berupa adanya pemelajar yang kurang menguasai huruf alfabet dengan strategi penerapan model belajar teman sejawat atau peer learning, dan kurangnya motivasi pemelajar dalam kegiatan pembelajaran dengan strategi berupa melakukan pembelajaran berbasis Contectual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan komponen constructivism dan learning community. Hasil dari strategi yang telah diterapkan adalah banyak pemelajar yang mampu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan mampu untuk bekerja sama antar pemelajar untuk bertukar informasi dan pengetahuan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk membahas secara lebih menyeluruh mengenai problematika pengajaran BIPA beserta strategi yang diberikan.
Copyrights © 2023