Jurnal Citra Pendidikan
Vol 3 No 4 (2023): Jurnal Citra Pendidikan

EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS 7A SMP PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA

Jayanti Endarini (Jayanti Endarini1, Sukodoyo2, Waluyo3)
Sukodoyo (Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra)
Waluyo (Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengunaan model student team achivement division (STAD) dalam meningkatkan sikap sosial siswa. Penelitian dilakukan di kelas 7A SMP Negeri 2 Sumowono dengan jumlah 3 siswa. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu, lembar observasi, penilaian diri siswa, dan lembar observasi untuk guru. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari validitas demokratik, hasil, proses, katalitik, dan dialogis dan dengan menyajikan data apa adanya. Teknik analisis data yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian berupa peningkatan model STAD oleh guru meningkat sebesar 21,05%. Sikap sosial siswa sebesar 66,83% pada tahap sikap sosial siswa sesuai harapan di siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 83,07% pada tahap sikap sosial sangat baik. Kata Kunci: Sikap Sosial Siswa, Model STAD, Pendidikan Agama Buddha. ABSTRACT This study aims to determine the effectiveness of using the student team achivement division (STAD) model in improving students social attitudes. This research was conducted at 7A class of SMP Negeri 2 Sumowono with a total 3 of students. This typeof research uses the Kemmis & Mc. Taggart class action reserch models. Data collection models that use are observation, interview, and documentation, the data collection instruments that used is observation sheets, students self assesment and teacher observation sheets. The data validity in this research are consists of validity democratic, result, process, catalytic, and dialogic and by presenting the data as it is. The data analysis technique is a descriptive quantitative and qualitative descriptive. The results of the research are the improvement of STAD model by the teacher increased by 21,05%. The students social attitudes were 66,83% at the stage of social attitudes according to expectations in cycle I and increased in cycle II by 83,07 at very good social attitudes. Keywords: Social Attitudes, STAD Model, and Buddhist Religious Educations.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...