Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
Vol 4, No 1 (2023): Edisi Juli

Pengaruh Pembiayaan Modal Kerja Mudharabah Terhadap Pendapatan Usaha Masyarakat Di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara Kabupten Rokan Hulu (Studi Kasus Bank Mandiri Syariah)

Adi Syahputra Nasution (Universitas Islam Sumatera Utara)
Syamsul Effendi (Universitas Islam Sumatera Utara)
Eli Agustami (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan, kendala dan solusi modal kerja mudharabah terhadap pendapatan usaha masyarakat di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tabusai Utara Kabupaten Rokan Hulu (Studi Kasus Bank Mandiri Syari’ah). Penelitian ini merupakan penelitian survey (lapangan). Penelitian ini dilaksankan sebelum Bank Mandiri Syariah berganti nama menjadi Bank Syariah Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah Bank Mandiri Syariah KCP Rohul Tambusai Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembiayaan modal kerja mudharabah berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan usaha masyarakat di desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini menunjukkan dengan adanya pembiayaan modal kerja mudharabah tersebut dapat meningkatnya efesien ekonomi suatu masyarakat, mendukung stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya berujung pada penurunan tingkat kemiskinan. Layanan digitalisasi perbankan Syariah diharapkan dapat meningkatkan bargaining power(daya tawar) masyarakat. Sehingga diharapkan dengan adanya pembiayaan modal kerja semakin meningkat pendapatan masyarakat. Transformasi digital pada perbankan Syari’ah diperlukan sinergri kerjasama yang baik antara pemerintah, perbakan Syari’ah, masyarakat serta pihak terkait lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mulaqah

Publisher

Subject

Religion

Description

Mutlaqah: Jurnal Ekonomi Syariah, menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian atau penelitian dan kajian pustaka dalam ruang lingkup dan fokus Kajian Ekonomi Syariah. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Redaksi menerima ...