Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi dari pengaruh model Argument Driven Inquiry berbantuan Argument Mapping terhadap komunikasi sains peserta didik dalam konsep materi pencemaran lingkungan, dengan urgensinya karena besarnya tuntutan di abad 21 untuk memiliki keterampilan yang mumpuni yaitu kemampuan berkomunikasi (Communication), berkolaborasi (Collaboration), berpikir kritis (Critical Thingking) dan kreatif (Creativity) yang perlu dibekalkan kepada peserta didik untuk menghadapi era global. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Nurul Huda (YASPIN) Tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian di VII B. sejumlah 21 orang dengan metode penelitian pra-eksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal uraian sebanyak 7 soal dan lembar skala sikap. Data penelitian diuji secara parametric menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan terakhir hipotesis penelitian menggunakan normalitas dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan komunikasi sains nilai rata-rata tertinggi yaitu kadar pengetahuan (content knowledge) dan nilai terkecil yaitu kategori kognitif (cognitive categories).
Copyrights © 2023