JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 8, No 2 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERBANTUAN DESMOS PADA SISWA SMA KELAS X

Dwy Damayanti (Universitas Muria Kudus)
Jayanti Putri Purwaningrum (Universitas Muria Kudus)
Himmatul Ulya (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan berbantuan Desmos lebih baik dibandingkan siswa yang belajar melalui model pembelajaran direct instruction. Penelitian dilaksanakan di kelas XE7 dengan jumlah siswa 36 siswa dan XE5 dengan jumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Adapun, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang berfungsi mengetahui pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Rancangan penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Analisis data yang adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis data meliputi uji t dua sampel independent. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai p-value yaitu 0,003 ≤ 0,025. Artinya rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan berbantuan Desmos lebih baik dibandingkan siswa yang belajar melalui model pembelajaran direct instruction

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...