JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2024): TPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK N 1 Bonjol pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif melalui Model Pembelajaran Small Group Discussion

Masrial (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Wakhinuddin S (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Wagino (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Nuzul Hidayat (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ditemui di lapangan bahwa diperoleh dari guru kelas bahwa adanya siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas dikarenakan sulit memahami materi yang dijelaskan guru, tidak banyak bertanya, dan pasif pada diskusi kelas Jenis penelitian ini adalah penelitain tindakan kelas (PTK). Sampel sebanyak 33 orang yaitu siswa kelas X Otomotif 1 SMK N 1 Bonjol. Peneliti sebagai observer, dan guru kelas sebagai praktisi. Hasil penelitian yaitu penggunaan Small Group Discussion (SGD) dapat meningkatakan hasil belajar siswa yang mana dari pertemuan 1 sampai pertemuan 6 terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, yaitu pada pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas sebesar 36,36%, pertemuan 2 sebesar 45,45%, pertemuan 3 sebesar 78,79%, sedangkan pada siklus II yaitu pada ptermuan 4 siswa yang tuntas sebesar 72,73%, pertemuan 5 sebesar 75,76% dan pada pertemuan 6 sebesar 93,94%.  This research was motivated by phenomena encountered in the field that were obtained from the class teacher that there were students who did not complete grades because they had difficulty understanding the material explained by the teacher, did not ask many questions, and were passive in class discussions. This type of research is class action research (PTK). A sample of 33 people, namely class X Automotive 1 SMK N 1 Bonjol. Researchers as observers, and class teachers as practitioners. The results of the study, namely the use of Small Group Discussion (SGD) can improve student learning outcomes where from meeting 1 to meeting 6 there is a significant increase in student learning outcomes, namely at meeting 1 the number of students who complete is 36.36%, meeting 2 is 45, 45%, meeting 3 amounted to 78.79%, while in cycle II, namely at meeting 4 students who completed 72.73%, meeting 5 amounted to 75.76% and at meeting 6 amounted to 93.94%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...