Jurnal Projemen UNIPA
Vol. 10 No. 4 (2023): Desember : Jurnal Projemen UNIPA

Pengaruh Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Kosmetik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2017-2021

Maria Rosafina More (UNIPA)
Andreas Rengga (UNIPA)
Paulus Juru (UNIPA)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran DER, CR dan ROA; (2) menganalisis pengaruh terhadap Pertumbuhan Laba baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan kosmetik periode 2017-2021, dengan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif, statistik inferensial, regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji F dan Uji t. Hasil analisis deskriptif : 1) DER memperoleh rata-rata sebesar 98,05% dari total aktiva; 2) CR menunjukkan bahwa setiap Rp 1 kewajiban lancar dapat dipenuhi dengan Rp 4,96308 penjualan; 3) ROA menunjukkan bahwa setiap Rp 1 aset perusahaan dapat menghasilkan Rp 13,91178 penjualan. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial Variabel DER tidak berpengaruh secara tidak signifikan terhadap variabel pertumbuhan laba, variabel CR tidak berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Pertumbuhan laba, selanjutnya ROA berpengaruh secara tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hasil statistik uji F menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan laba. Hasil analisis determinasi ketiga variabel bebas menjelaskan terhadap variasi naik turunnya pertumbuhan laba perusahaan kosmetik sebesar 11,7%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Projemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal projemen UNIPA diharapkan dapat meningkatkan kualitas keilmuan dan penyebaran pengetahuan di bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia serta manajemen ...