Jurnal Projemen UNIPA
Vol. 10 No. 4 (2023): Desember : Jurnal Projemen UNIPA

Pengaruh Etos Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka (Bapelitbang)

Skolastika Baba (UNIPA)
Antonius Philipus Kurniawan (UNIPA)
Paulus Juru (UNIPA)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kinerja pegawai, Etos Kerja dan Iklim Organisasi; (2) menganalisis pengaruh Etos kerja dan Iklim Organisasi terhadap kinerja pegawai baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka, berjumlah 56 orang. Karena populasinya terbatas, maka penelitian ini dilakukan secara sensus atau sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji F dan uji t. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel kinerja pegawai, Etos Kerja dan Iklim Organisasi dikategorikan baik. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Etos Kerja dan Iklim Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil statistik uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Etos Kerja dan Iklim Organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Koefisien determinasi sebesar 0,408 yang berarti bahwa kontribusi variabel etos kerja dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai sebesar 16,7% pada kantor badan perencanaan, penelitian dan pengembangan kabupaten sikka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Projemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal projemen UNIPA diharapkan dapat meningkatkan kualitas keilmuan dan penyebaran pengetahuan di bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia serta manajemen ...