Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 4 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Getting to Know the Feelings of Bullying Victims

Dewi Sari Sumitro (Universitas Esa Unggul)
Windi Lestari Apriantono (Universitas Esa Unggul)
Tania Surgasari (Universitas Esa Unggul)
Amannia Wika Ridho Putri (Universitas Esa Unggul)
Tasya Yana Fairuz (Universitas Esa Unggul)
Siti Nurhabibah Fitriani (Universitas Esa Unggul)
Nadila Nur Afifah (Universitas Esa Unggul)
Agi Hermawan (Universitas Esa Unggul)
Lisa Rahma Dewi (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bullying pada siswa di lingkungan sekolah. Selain itu untuk mengetahui bentuk perilaku bullying sayang terdapat di lingkungan sekolah serta dampaknya. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mengetahui tingkatan stres yang dialami oleh siswa di lingkungan sekolah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan metode wawancara dan observasi mendalan kepada siswa di lingkungan sekolah. Selain itu penelitian ini menggunakan kuesioner DASS untuk mengetahui seberapa tingkat stres yang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan pada 50 siswa tingkat SMP kelas VII-VIII dari Pondok Pesantren. Hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pernah mendapat gangguan dari teman. Perlakuan bullying yang sering terjadi pada siswa yaitu siswa yang memanggil nama temannya dengan kasar menjadikan suatu yang lucu atau ejekan dengan presentase sebesar 38% dibandingkan perilaku bullying lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...