Jurnal Algoritma
Vol 12 No 2 (2015): Jurnal Algoritma

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS MAHASISWA SEMESTER I STT-GARUT)

Yeni Pariyatin (Institut Teknologi Garut)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Multimedia (Studi kasus Mahasiswa Semester I STT Garut). Dilatarbelakangi oleh beberapa alasan  pertama, mata kuliah ini bukan mata kuliah sesuai dengan bidang studi mereka, kedua, materinya tidak up to date, hanya mengulang apa yang pernah mereka dapatkan di jenjang pendidikan sebelumnya, ketiga, metode pembelajarannya yang tidak variatif dan inovatif sehingga menimbulkan kebosanan. Adanya pendapat itu menyebabkan kesulitan bagi dosen dalam penyampaian materi mata kuliah Pendidikan Pancasila di STT Garut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah perangkat lunak media pembelajaran interaktif berbasis multimedia sebagai alat bantu guru dalam penyampaian isi materi mata kuliah Pendidikan Pancasila  untuk mahasiswa semester I STT Garut. Metode yang digunakan pada perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan multimedia menurut luther (1994) yang dilakukan dalam 6 tahap, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Perangkat lunak ini dibuat dengan mennggunakan tools Adobe Flash CS 3, Adobe Photoshop, Adobe Audition, Adobe After effect, CorelDraw dan Adobe Premiere.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

algoritma

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Algoritma merupakan media publikasi hasil penelitian dosen maupun mahasiswa dalam kajian bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Rekayasa Perangkat ...