Ekombis: Jurnal Fakultas Ekonomi
Vol 9, No 1 (2023): April

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERINVESTASI PASCA COVID-19 (Survey Pada Mahasiswa ITS NU Pekalongan)

kusuma Wijaya (ITS NU Pekalongan)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Dampak yang dihadapi sebagai besar masyarakat pasca pandemi Covid-19 salah satunya yakni buruknya literasi keuangan. Perekonomian global yang turun dan lonjakan angka pemutusan hubungan kerja karyawan yang besar menjadi salah satu dari buruknya literasi keuangan yang dimiliki oleh masyarakat. Literasai keuangan menggambarkan kebutuhan dasar yang dimiliki orang guna terhindar dari persoalan mengenai keuangan. Salah satu cara yang dilakukan untuk memperbaiki literasi keuangan yang dimiliki yakni dengan cara melakukan investasi. Tujuan riset ini yakni untuk melihat pengaruh literasi keuangan terhadap pengambilan keputusan berinvestasi dan pengaruh faktor demografi terhadap pengambilan keputusan berinvestasi. Objek riset yakni mahasiswa yang berjumlah 73 responden dengan menggunakan metode kuantitaif dan teknik analisis data menggunakan SPSS. Dari hasil riset tersebut menyatakan bahwa literasi keuangan tidak mempengaruhi pengambilan keputusan berinvestasi dan faktor demografi yang terdiri dari jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan dan pengalaman investasi tidak mempengaruhi pengambilan keputusan berinvestasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ekombis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal E-Kombis adalah media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar Meulaboh yang memuat hasil penelitian dalam rumpun ilmu ekonomi yang meliputi bidang ilmu terkait pada Ekonomi Pembangunan, Manajemen & Bisnis, Keuangan, Perbankan, Perpajakan dan Akutansi. ...