Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 3, No 2 (2023)

Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII

Lutpia Amaliah (IAIN Palangka Raya)
Ayatusa'adah Ayatusa'adah (IAIN Palangka Raya)
Nanik Lestariningsih (IAIN Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Pembelajaran IPA di SMPS Waladun Sholeh Pelaihari belum mampu melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dan belum pernah dilaukan pengukuran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterterapan model Predict-observe-explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan dan mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari pada materi pencemaran lingkungan setelah diterapkan model Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif desain penelitiannya menggunakan one group pretes postes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi keterterapan pembelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh dengan jumlah peserta didik sebanyak 7 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Di peroleh hasil bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan N-gain untuk mata pelajaran biologi dimana rata-rata nilai yang diperoleh setelah menerapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) adalah 87,38 dengan nilai baik. Hasil penelitian menunjukan Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Pencemaran lingkungan kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari telah terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 84,09. Keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kriteria baik dilihat dari analisis pencapaian sub indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan keterampilan peserta didik kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...