jurnal ilmu keolahragaan
Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Keolahragaan Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023

Penerapan Gaya Mengajar Self Check Style: Suatu Upaya Meningkatkan Kejujuran Dan Hasil Belajar Kombinasi Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas V

abdul rahman rahman (Universitas Lambung Mangkurat)
mashud mashud (Universitas Lambung Mangkurat)
heritawarni heritawarni (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar dan kejujuran siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 26 Orang. Instrumen penelitian bagian dua, yaitu instrumen hasil belajar psikomotorik siswa dan hasil belajar sikap siswa. Instrumen psikomotorik terbagi menjadi dua yaitu; 1) instrumen berupa tes kemampuan kombinasi gerak dasar yang meliputi; a) menggiring, b) menendang, dan c) melempar bola. 2) instrumen non tes berupa observasi blanko (siswa dan guru) untuk mengamati proses pembelajaran setiap siklus.Instrumen sikap berupa blanko observasi kejujuran siswa. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus prosentase, sedangkan data kualitatif sederhana dijelaskan dengan mengumpulkan data, merangkum dan menyajikan. Hasil penelitian siklus satu ke siklus dua peningkatan yakni hasil belajar siklus I memperoleh nilai psikomotorik 53,85 % kemudian terjadi peningkatan hasil belajar siswa di siklus II menjadi 81,00 %. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh 46,15 % pada siklus II kemudian meningkat sebesar 77,00 %. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar memeriksa diri dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar siswa dan kejujuran siswa kelas V SD Negeri Pondok Butun Kecamatan Batulicin.85 % kemudian meningkat hasil belajar siswa pada siklus II menjadi 81,00 %. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh 46,15 % pada siklus II kemudian meningkat sebesar 77,00 %. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar memeriksa diri dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar siswa dan kejujuran siswa kelas V SD Negeri Pondok Butun Kecamatan Batulicin. 85 % kemudian meningkat hasil belajar siswa pada siklus II menjadi 81,00 %. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh 46,15 % pada siklus II kemudian meningkat sebesar 77,00 %. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar memeriksa diri dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar siswa dan kejujuran siswa kelas V SD Negeri Pondok Butun Kecamatan Batulicin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jilo

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmu Keolahragaan focuses on the sport sciences, physical education, sport health, sport tourisme, sport marketing, and sport industry. To be considered for publication, manuscripts must original and relevant to the afore-mentioned ...