Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 12, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Analisis Kebutuhan Pengembangan Animal Scrabble Untuk Memfasilitasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Imas Munisah (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia)
Sima Mulyadi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia)
Edi Hendri Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan animal scrabble untuk memfasilitasi kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni EDR (Educational Design Research) model dari McKenney. Dimana penelitian ini dilakukan dengan 2 tahapan uji coba alat permainan edukatif animal scrabble.  Subjek dari penelitian ini adalah 18 anak usia 5-6 tahun. Selain itu, partisipan dari penelitian ini yakni 2 orang pendidik kelompok B di TK Artanita Al-Khoeriyah, RA Nurul Hikmah dan TK Kartika IX-10/ Cangkurileung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, validasi ahli dan angket. Adapun prosedur dari penelitian ini yakni 1) analisis dan eksplorasi, 2) desain dan kontruksi, 3) evaluasi dan refleksi, dan 4) intervensi yang matang. Hasil dari penelitian ini bahwa pengembangan animal scrabble sangat dibutuhkan dalam memfasilitas kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: Animal scrabble, kemampuan membaca permulaan, anak usia dini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...