Avant-garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan
Vol. 2 No. 1 (2024): Forthcoming Issue

Pembentukan Karakter Anak Sasian dalam Silek Pauh di Perguruan Singo Barantai Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang

Mahdalena Syafitri (Universitas Negeri Padang)
Indrayuda (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membahas Pembentukan Karakter Anak Sasian dalam Silek Pauh di Perguruan Singo Barantai Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang di bantu dengan alat pendukung seperti handphone, alat tulis dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah guru silek dan anak sasian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data menggunakan langkah-langkah berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembentukan karakter anak sasian dalam silek pauh di perguruan singo barantai adalah melalui cara dan proses pelatihan dimana guru/pelatih menjelaskan hubungan filosofi dan adap dalam basilek dan hubungan sikap gerak dengan filosofi gerak silek, selain itu, proses pembentukan karakter anak sasian dimulai dari proses kedatangan anak sasian hingga selesai latihan. Dari proses pelatihan tersebut ada beberapa karakter yang harus ditanamkan kepada anak sasian yaitu adil, jujur, sopan dan beradap, sportif, tangguh dan berani, bertanggung jawab dan saling menghargai. Dengan terbentuknya karakter anak sasian dapat membentuk generasi yang berguna baik lingkungan keluarga, Masyarakat maupun negara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

avant-garde

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Avant-garde: The Scientific Journal of Performing Arts Education is published periodically three times a year, namely in February, June and October, is a forum for channeling thoughts and disseminating knowledge in the realm of Performing Arts (drama, dance and music) and learning in the form of ...