Avant-garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan
Vol. 2 No. 1 (2024): Forthcoming Issue

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Emaze Terhadap Peningkatan Peningkatan Kreativitas Gerak Tari Siswa Siswi dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMK Pariwisata 'Aisyiyah Sematera Barat

Muhamad Fadli (Universitas Negeri Padang)
Darmawati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan aplikasi Emaze sebagai alat bantu dalam pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design. Peneliti sendiri berperan sebagai instrumen penelitian, didukung oleh alat bantu seperti kamera dan lembar indikator penilaian untuk tes (Pre-Test dan Post-Test) pada mata pelajaran Seni Budaya dengan fokus pada materi "Gerak Tari Kreasi Indang". Populasi penelitian terdiri dari 11 siswa kelas X di SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode sampling kelompok atau rumpun (Cluster). Data dikumpulkan melalui tes kreativitas gerak tari, observasi, dan wawancara. Langkah-langkah analisis data mencakup tahap klarifikasi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pemanfaatan aplikasi Emaze memiliki efek positif terhadap peningkatan kreativitas gerak tari pada siswa kelas X SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat. Hal ini mengakibatkan peningkatan pencapaian dalam pembelajaran Seni Budaya. Kreativitas belajar siswa juga meningkat berkat penggunaan fitur visual 2D hingga 3D dari aplikasi Emaze. Efektivitas ini terbukti dari hasil ujian praktik siswa yang mencapai hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran sebagaimana yang tercantum dalam modul ajar. Guru pun memberikan apresiasi terhadap pemanfaatan aplikasi Emaze sebagai alat bantu dalam pembelajaran Seni Budaya (Tari) dan menunjukkan minat untuk lebih memahami penggunaannya serta mengintegrasikannya melalui metode diskusi dalam pengajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

avant-garde

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Avant-garde: The Scientific Journal of Performing Arts Education is published periodically three times a year, namely in February, June and October, is a forum for channeling thoughts and disseminating knowledge in the realm of Performing Arts (drama, dance and music) and learning in the form of ...