NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 1 No. 4 (2023): October - December

Kajian Literatur: Kehadiran Guru Dalam Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Pangestu Wibisono (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Belajar adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kecakapan atau pengetahuan agar dapat mengembangkan potensi di dalam dirinya. Pada proses pembelajaran, peran motivasi dalam belajar peserta didik dapat dianalogikan sebagai sumber energi untuk menggerakan mesin. Peserta didik yang memiliki motivasi dalam belajar akan mendorong mereka untuk berperilaku aktif dalam kegiatan pembelajaran dan membuat mereka semangat dalam belajar. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian literatur. Kajian literatur merupakan pencarian dan penelitian kepustakaan dengan membaca text book, jurnal dan artikel-artikel lain yang berkaitan dengan tema penelitian agar menghasilkan satu tulisan yang berkenaan dengan satu tema atau isu tertentu. Karena peran guru tersebut sebagai pendidik itulah maka seorang guru harus senantiasa memberikan performa terbaiknya kepada para peserta didik terutama saat di dalam kelas. Interaksi yang dilakukan kepada peserta didik akan menjadi sesuatu yang penting dalam setiap pembelajaran di dalam kelas. Interaksi dalam pembelajaran ini adalah sebuah proses komunikasi yang terjalin antara guru dan peserta didik dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang. Motivasi belajar peserta didik dapat terlihat jika peserta didik tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar, tekun mengerjakan tugas-tugas hingga selesai, memiliki minat terhadap macam-macam masalah, lebih sering bekerja secara mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, tidah mudah goyah dan sering mencari dan memecahkan masalah-masalah soal. Dengan demikian, guru yang hadir dalam kelas perannya bukan hanya sebagai seorang pendidik saja melainkan bisa menjadi seorang motivator. Maksud motivator disini adalah guru sebagai pendorong peserta didik dalam meningkatkan dan mengembangkan kegairahan kegiatan belajar peserta didik. Karena guru adalah orang yang harus paling dekat dan mampu memahami potensi dan kelemahan dari peserta didik.Hasil kajian literatur mengenai hubungan kehadiran guru di dalam kelas dengan motivasi belajar siswa ini menunjukkan bahwa seorang guru adalah seorang pendidik yang perannya bisa menjadi bermacam-macam ketika di dalam kelas. Kehadiran guru menjadi dorongan bagi para peserta didik untuk memunculkan motivasinya dalam belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) ...